Langsung ke konten utama

AKU dan SRK oleh Pernando Anju P Rajagukguk||09171059|| ITK

AKU dan SRK Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu bentuk upaya atau pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). Dalam LKMM terdapat materi tentang A K U dan S R K,yang dimana AKU adalah singkatan dari Ambisi Kenyataan dan Usaha,dan SRK adalah Sasaran Resiko dan Konsekuensi.Penjelasan singkatnya Ambisi dapat diartikan sebagai keinginan yang besar untuk mencapai suatu tujuan atau dapat dikatakan sebagai cita-cita dimasa depan. Dengan adanya ambisi hidup kita sudah terarah. Kemudian, kenyataan adalah hal yang benar benar terjadi.Kenyataan sangat berdampak besar terhadap keberhasilan suatu ambisi. Sedangkan, usaha merupakan suatu kegiatan atau misi yang kita lakukan untuk mendorong keberhasilan suatu ambisi tersebut.Sasaran merupakan suatu tujuan yang spesifik dan berjangka panjang.Resiko merupakan suatu dampak dari sasaran saat kita ingin menggapainya.Dan Konsekuensi adalah hasil akhir dari suatu sasaran,baik itu berdampak positif maupun berdampak negative terhadpap kita. Dan pada dasarnya,jangka waktu dari AKU lebih lama dibandingkan dengan SRK,meskipun sama-sama berjangka panjang. Setiap orang memiliki Ambisi maupun Sasaran dalam kehidupannya,agar hidupnya terarah dan memiliki tujuan.Dan saya akan membagikan AKU dan SRK saya selama beberapa Tahun kedepan. A K U Ambisi 1. Ingin menjadi seorang mahasiswa yang dapat membawa perubahan terhadap prodi maupun kampus ITK. 2. Memiliki nilai yang memuaskan agar dapat diterima disalah satu perusahaan perkapalan di Indonesia. 3. Memberikan sesuatu yang terhormat bagi ayah saya setelah menyelesaikan studi saya. Kenyataan 1. Waktu saya banyak terbuang untuk hal yang tidak penting 2. Waktu saya tidak dapat saya bagi untuk melakukan penelitian atau eksperimen bersama teman -teman maupun dosen 3. Saya hanya dapat memahami kurang lebih dari 50 % setiap mata kuliahnya 4. Saya tidak memiliki apa-apa yang dapat ditabung untuk masa depan Usaha 1. Membagi waktu dengan baik agar dapat melakukan atau mengikuti penelitian maupun eksperimen dengan teman 2. Mengurangi penggunaan waktu pada hal-hal yang tidak mendukung bagi proses pencapaian ambisi saya 3. Lebih giat lagi belajar untuk memahami semua materi mata kuliah sehari-harinya 4. Mulai menghemat penggunaan biaya, baik biaya kecil maupun besar 5. Meminta bantuan kepada yang lebih mampu untuk memahami suatu materi S R K Tahun Pertama Sasaran 1. Memahami segala materi mata kuliah TPB 2. Menguasai auto-cad 3. Menghemat untuk menabung Resiko 1. Banyak waktu tersita untuk belajar sehingga waktu bermain berkurang 2. Saya mengurangi uang untuk beli jajanan dikampus maupun mengurangi kegiatan travelling 3. Saya harus memiliki cukup uang untuk beli laptop Konsekuensi 1. Saya dapat menguasai materi mata kuliah TPB dan juga auto cad 2. Saya dapat membeli laptop untuk belajar auto cad Dan dampak negatifnya 1. Saya hanya menghabiskan waktu untuk belajar sehingga pergaulan kedunia atau lingkungan luar berkurang 2. Saya menjadi orang yang perhitungan terhadap teman saya masalah uang Tahun kedua Sasaran 1. Aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan 2. Aktif dalam UKM yang menunjang pembelajaran mata kuliah prodi 3. Menjadi salah satu asisten lab mata kuliah Teknik Material dan Mekanik 4. Membentuk suatu komunitas maupun UKM pecinta alam di kampus ITK Resiko 1. Banyak menghabiskan waktu belajar untuk memahami organisasi 2. Waktu untuk di rumah tidak banyak, lebih banyak di kampus maupun laboratorium 3. Saya harus belajar untuk memahami materi Konsekuensi 1. Saya aktif diorganisasimaupun UKM 2. Saya menjadi seorang asisten sesuai harapan saya 3. UKM pecinta alam kembali terbentuk di ITK 4. Saya memiliki banyak teman dari kegiatan keorganisasian maupun UKM Dan dampak negatifnya 1. Saya kurang aktif di dalam akademik 2. Waktu yang saya gunakan untuk membentuk UKM sia-sia karena kekurangan anggota Tahun ketiga Sasaran 1. Dapat menguasai materi kuliah prodi tentang TDK 2. Memperoleh beasiswa dari prestasi yang diraih 3. Nilai harus bagus dan IPK 3,5 Resiko 1. Lebih banyak menghabiskan waktu di kost teman 2. Kegiatan dirumah banyak yang tertunda Konsekuensi 1. Berkat bantuan teman saya dapat menguasai materi TDK 2. Saya memperoleh IPK yang saya harapkan 3. Saya memperoleh beasiswa dari kampus maupun luar kampus Dan dampak negatifnya 1. Saya tidak dapat menguasai TDK karena hanya bermain -main saja dengan teman 2. Karena banyak menghabiskan waktu untuk bermain,IPK yang saya impikan tidak dapat saya raih 3. Karena IPK tidak memenuhi sehingga saya tidak memperoleh kesempatan mendapatkan beasiswa Tahun Keempat Sasaran 1. Lulus dengan nilai yang bagus dan memiliki suatu karya di ITK 2. Diterima magang di suatu tempat perusahaan perkapalan 3. Mengikuti kegiatan komunitas Batak di Balikpapan 4. Menghadirkan seorang ayah pada saat tahun akhir masa perkuliahan atau yang disebut masa wisuda Resiko 1. Lebih banyak waktu dipergunakan untuk eksperimen 2. Lebih dekat terhadap suatu perusahaan kapal di Indonesia agar dapat mengetahui tata cara penerimaannya 3. Mengurangi uang jajan dan harus menabung Konsekuensi 1. Karya saya dipergunakan dengan baik setiap mahasiswa maupun mahasiswi 2. Saya magang di perusahaan kapal 3. Ayah saya dapat menghadiri acara wisuda 4. Banyak teman kenalan Batak di Balikpapan 5. Kesehatan saya menurun karena kelelahan Dan dampak negatifnya 1. Saya menghabiskan waktu hanya untuk acara perkumpulan batak 2. Saya tidak memiliki dana untuk mengundang ayah saya ke acara wisuda Agar semua itu dapat tercapai,harus dapat menggunakan waktu sebaik mungkin. Karena dengan waktu yang telah kita tentukan kita dapat mandiri. Dan selalu minta pendapat orang lain terhadap suatu karya kita. Sekian AKU dan SRK dari saya,akhir kata saya ucapkan terimakasih...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKU dan SRK oleh Aditya Mifthahul Huda||09171005||ITK

AKU dan SRK Selama Perkuliahan Perkenalkan nama saya Aditya mifthahul huda mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan program studi Teknik Perkapalan angkatan 2017. Beberapa bulan yang lalu saya mengikuti kegiatan LKMM Pra-TD yang diselenggarakan di kampus ITK. Ada dua materi yang menurut saya sangat penting dan tertarik untuk dibagikan. Materi yang pertama memiliki judul AKU. AKU merupakan singkatan dari Ambisi, Kenyataan, dan Usaha. Dalam menjalanin kehidupan sebaiknya setiap individu memiliki tujuan. Tujuan hidup seseorang dapat digambarkan melalui AKU. Adapun AKU saya selama perkuliahan di Institut Teknologi Kalimatan ialah AKU Ambisi, Kenyataan, dan Usaha Ambisi Lulus kuliah dengan gelar cumlaude,memiliki banyak prestasi,dan aktif berorganisasi Kenyataan Masih malas belajar, belum masuk organisasi, dan belum aktif dalam mengikuti lomba Usaha Lebih giat dalam belajar, aktif berorganisasi, dan aktif mengikuti event lomba Judul materi yang kedua ialah...

AKU dan SRK oleh Gita Fitri Insari||09171032||ITK

A.K.U Ambisi, Kenyataan, dan Usaha AKU adalah singkatan dari Ambisi, Kenyataan, dan Usaha. Setiap individu pasti memiliki AKU yang berbeda-beda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ambisi memiliki pengertian keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu. Kenyataan memiliki arti hal yang nyata, atau yang benar-benar ada. Sedangkan Usaha memiliki arti kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu. AKU bisa diartikan sebagai target pribadi untuk dicapai saat berkuliah. Berikut adalah Ambisi, Kenyataan dan Usaha saya. Ambisi 1. Menjadi pribadi yang bisa menjadi penggerak kegiatan-kegiatan yang ada di ITK, tidak terlepas dari akademik yang optimal pada mata kuliah TPB dan Prodi secara dinamis dan sistematis. 2. Mengaharumkan dan membesarkan nama Kampus ITK dengan prestasi-prestasi yang ...

AKU dan SRK oleh Zeinita Noor Qaliffah || 08171084 || ITK

AKU SRK LKMM Pra-TD III 2017 Kita pasti pernah mendengar peribahasa yang menjadi motivasi dalam menimba ilmu seperti “Gapailah Cita-Citamu Setinggi Langit” atau “Kejarlah Ilmu Sampai ke Negeri China” dan peribahasa lainnya. Sebuah kesuksesan dalam meraih sesuatu dipengaruhi oleh adanya kemauan yang keras untuk terus belajar dan membentuk jati diri seseorang namun, untuk mencapai kesuksesan tentunya tidak semudah yang kita bayangkan, pasti akan ada hambatan-hambatan yang akan menghalangi proses menuju kesuksesan tersebut. Adanya hambatan-hambatan tersebut mengakibatkan seseorang menjadi kurang termotivasi dan membutuhkan sebuah cara atau kunci dalam meraih kesuksesan tersebut. Saya sebagai mahasiswa dari Institut Teknologi Kalimantan pastinya memerlukan cara atau kunci tersebut. Di dalam artikel ini akan dibahas beberapa kunci meraih kesuksesan dengan melalui AKU dan SRK. Apa itu AKU dan SRK? AKU (Ambisi, Kenyataan, Usaha) menurut KBBI, ambisi adalah keinginan atau hasrat dalam meraih s...